Hari ini:Oktober 20, 2019

Inilah Daftar Beasiswa S1 Dalam Negeri Bagi Kamu Pemburu Beasiswa!

Hai, Kawan!

Udah tahu belum? Untuk melanjutkan kuliah, sudah tersedia banyak ragam beasiswa yang dapat kalian apply.

Udah nggak ada alasan finansial lagi nih. Meskipun  dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, kalian masih bisa wujudkan mimpi!

So what are you waiting for? Here they are, guys!

1. Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi

Sumber: https//instagram.com/bemfebunej

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk kanu para millennials yang masih duduk di pendidikan menengah atas (SMA). Tapi anyway, bantuan pendidikan ini hanya lah untuk calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi, guys! Jadi, kalau kamu merasa masih memiliki kemampuan finansial yang memadai, jangan daftar bidikmisi ya!

.

Beasiswa ini akan membiayai kuliah kamu sampai kamu selesai, guys! Mulai dari biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang akan dicairkan setiap 6 bulan sekali dan juga biaya hidup yang akan dicairkan paling cepat satu bulan hingga paling lambat tiga bulan. Ketika kamu sudah menjadi penerima bidikmisi, kamu diharuskan untuk mengikuti seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh DIKTI, kampus, atau pun paguyuban bidikmisi yang ada di kampusmu. Selengkapnya, kamu bisa cek informasi selanjutnya mengenai bidikmisi disini.

2. Beasiswa Unggulan

Sumber: https://www.instagram.com/p/BugP6K4AvkH/

Berbeda dengan bidikmisi, beasiswa ini dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Beasiswa ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu beasiswa unggulan masyarkat berprestasi dan juga beasiswa unggulan daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar yang tersebar di 122 kabupaten dan 24 Provinsi di Indonesia). Perbedaan dari kedua jenis beasiswa unggulan tersebut adalah di seleksi administrasinya, guys! Jika beasiswa unggulan masyarakat berprestasi memiliki batas maksimal usia 22 tahun dengan IPK 3.25 untuk mahasiswa on-going, untuk beasiswa unggulan daerah 3T batas maksimal 25 tahun dengan IPK 3.00.

Selain kamu harus mengetahui dan memperhatikan syarat-syarat administrasi tersebut, kamu harus tahu dan paham bahwa terdapat beberapa program studi yang diprioritaskan oleh Kemendikbud. Kamu bisa cek program studi tersebut di laman beasiswa unggulan Kemendikbud.

3. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Sumber: https://www.instagram.com/p/BoF8Q4qjyBN/

Satu lagi nih beasiswa yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti! Beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) ini ditujukan untuk para mahasiswa-mahasiswi yang mempunyai prestasi baik dibidang kurikuler mau pun ekstrakurikuler, guys! Asyiknya lagi nih, beasiswa ini tidak hanya terbatas pada perguruan tinggi saja, lho! Mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi swasta yang memiliki jejak prestasi yang memukau dapat juga mengikuti beasiswa ini. So, if you believe that you are one of them, you can try to register this scholarship guys! Info selengkapnya kamu bisa cek di laman Kemenristekdikti.

4. Beasiswa Bank Indonesia

Sumber: https://www.instagram.com/p/BrpO3YxgzaV/

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini berasal dari Bank Indonesia, guys! Beberapa program studi yang dprioritaskan oleh Bank Indonesia diantaranya ada  ilmu ekonomi, ilmu manajemen, ilmu akuntansi, ilmu hukum, ilmu sosial dan politik, ilmu teknologi informasi, dan juga ilmu sistem informasi. Ada pun persyaratannya adalah at least mahasiswa semester tiga, IPK minimal3.5, minimal skor TOEFL 500, dan batas maksimal usia awardee adalah 24 tahun. Selengkapnya, sila cek disini atau kamu bisa datang ke BI Corner yang ada di lokasi kampusmu!

5. Beasiswa Yayasan Baitul Maal (YBM) Kader Surau BRI

Sumber: https://www.instagram.com/p/BsBK2RXlBy2/

Beasiswa yang didanai oleh BRI ini terdiri dari pembayaran UKT (tuition fee) dan juga biaya hidup (living allowance). Beasiswa ini sendiri bertujuan untuk membentuk para awardee memiliki jiwa kepemimpian, berkarakter, berdaya saing, dan mengaplikasikan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ada pun perguruan tinggi yang bekerja sama dengan beasiswa ini adalah ITB, UI, IPB, UGM, UNPAD, UNSOED, UNDIP, ITS, UNAIR, UB, UNSRI, UNILA, UNAND, UNEJ, UNSYIAH, USU, UNRI, UNRAM, UNJ dan UNS. Oh iya guys, beasiswa ini juga sangat cocok buat kamu mahasiswa rantau karena pihak penyedia beasiswa ini menyediakan asrama putra dan putri secara terpisah loh! Info selengkapnya, kamu bisa kunjungi situs kader surau BRI ya.

6. Beasiswa Djarum Foundation

Sumber: https://djarumbeasiswaplus.org/tentang_kami/program-djarum-beasiswa-plus

Beasiswa Djarum Foundation akan memberikanmu banyak soft skills, loh guys! Diantaranya ada nation building, character building, dan leadership development. Persyaratan untuk mengikuti beasiswa ini diantaranya adalah mahasiswa semester 4 dengan minimal IPK 3.00 dan tidak sedang menerima beasiswa lain. Dalam beasiswa ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu seleksi administrasi dan kalau kamu sudah lolos berkas administrasi maka kamu akan mengikuti tes tertulis dengan pemberitahuan melalui SMS/e-mail jika kamu lolos berkas administrasi. So then, do you want to know more about this scholarship? Or do you want to register yourself? You can click this link.

7. Beasiswa Astra

Sumber: https://www.astra.co.id/CSR/Foundation/YAYASAN-TOYOTA-DAN-ASTRA-YTA

Beasiswa yang dikeluarkan oleh Yayasan Toyota dan Astra ini tersedia untuk kalangan Sekolah Dasar hingga S3 loh, guys! Beasiswa dengan total dana kelola yang mencapai 4,3 miliar ini juga menawarkan kesempatan untuk bekerja di bawah perusahaan PT. Astra Internasional, guys. Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya!

.

8. Beasiswa Pemerintah Daerah

This is the last, but not least guys. Sebenarnya beberapa pemerintah daerah yang tersebar di tanah air ada yang menyediakan beasiswa bagi puta-putri daerahnya, diantaranya dari pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pemerintah Provinsi Jawa Barat, pemerintah Kabupaten Jember, pemerintah Kalimantan Timur, pemerintah Provinsi Aceh, dan masih banyak lagi!

Nah, gimana nih, guys? Ada banyak sekali kan beasiswa-beasiswa untuk kamu yang mau melanjutkan mimpi kamu lewat perguruan tinggi? Penyedia beasiswanya ngga hanya dari pemerintah, ada juga yang dari swasta. Jadi buat kamu yang memiliki keterbatasan ekonomi, no worries ya untuk terus melanjutkan mimpi-mimpi kamu yang sedan kamu capai! Keep spirit and wish you a good luck!

Kofi Annan said:
“Knowledge is power. Information is liberating. Education is the premise of progress, in every society, in every family.”

Share

A law student at the University of Jember having a big dream to be a diplomat.