September 20, 2020

Webinar: Urgensi Pembaharuan Desain Penegakan Hukum dan Bantuan Hukum Bagi Caleg Dari Kelompok Rentan Dalam RUU Pemilu

Urgensi Pembaharuan Desain Penegakan Hukum dan Bantuan Hukum Bagi Caleg Dari Kelompok Rentan Dalam RUU Pemilu

Rekan-rekan sekalian,
Setelah penutupan pendaftaran Bakal Paslon di Pilkada 2020, setidaknya terdapat 687 bapaslon dan 1.374 orang (baik cakada dan cawakada) yang akan berkontestasi untuk memperebutkan 270 kursi kepala daerah. (Data KPU RI 6 Sept 2020). Sayangnya, dari angka tersebut, hanya 141 perempuan atau hanya sekitar 10,26% Perempuan saja yang akan berkontestasi pada Pilkada 2020. Selain pada Pilkada, Keterwakilan perempuan di Parlemen juga tidak pernah sampai pada angka ideal yang diharapkan yakni 30%.
Hasil Kajian Kode Inisiatif bersama Kemitraan pada Tahun 2019 memotret banyak hal khususnya dalam hal keterwakilan perempuan di politik.

Paling tidak ada 4 (empat) persoalan yang dihadapi perempuan dan kelompok rentan dalam menghadapi permasalahan hukum kepemiluan. Keempat persoalan itu adalah (1) akses informasi dan pemahaman terhadap permasalahan hukum kepemiluan, (2) akses terhadap pendampingan hukum, dan (3) akses terhadap partai politik dalam memberikan rekomendasi serta pendampingan dan (4) Desain penegakan hukum yang ada saat ini masih membuka ruang untuk mendiskriminasi kelompok rentan. Melihat RUU Pemilu yang disiapkan oleh DPR yang menggabungkan 2 UU yakni UU 7/2017 tentang Pemilu dan UU 10/2016 tentang Pilkada masih minim keberpihakannya terhadap kelompok rentan.

Hal ini dapat dilihat dari Draft RUU Pemilu yang dikeluarkan oleh DPR per 6 Mei 2020 yang tidak terdapat perbaikan dalam aspek affirmative action bagi kelompok rentan. Desain penegakan hukum pemilu dan bantuan hukum bagi kelompok rentan menjadi relevan dan penting untuk dimasukkan di dalam Draft RUU Pemilu yang sedang disiapkan oleh DPR.
Guna merespon hal tersebut, KoDe Inisiatif bersama Kemitraan mengadakan diskusi publik bertajuk “Urgensi Pembaharuan Desain Penegakan Hukum dan Bantuan Hukum Bagi Caleg Dari Kelompok Rentan Dalam RUU Pemilu”. Diskusi diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Selasa, 15 September 2020.
Waktu : 10.00 WIB – 13.00 WIB
Zoom meeting :
http://bit.ly/ZoomRUUPemilu

Avatar

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments