Webinar: Menciptakan Kualitas Demokrasi Demi Pilkada yang Berintegritas

Pelaksanaan pilkada pada tanggal 9 desember tahun 2020 ini akan berlangsung di 270 daerah seluruh indonesia. Pilkada ini akan mempertaruhkan partisipasi dan kualitas demokrasi, dimana proses pilkada ini berlangsung di tengah ancaman penyebaran virus covid 19 yang masih tinggi. Resiko kesehatan dan keselamatan penyelenggara, peserta pemilu, dan pemangku kepentingan lainnya termasuk masyarakat secara umum tentu menjadi perhatian serius.
Belum selesai masalah regulasi, partisipasi dan urgensi, hal lain yang juga menjadi sorotan adalah potensi terjadinya tindak pidana korupsi pada pilkada kali ini. Suap, gratifikasi, jual-beli suara hingga keterlibatan cukong sebagai pemodal bagi pasangan calon kepala daerah, memang mewarnai hampir disetiap perhelatan pilkada. Pilkada serentak 2020 dinilai sebagai kedaruratan politik yang berpotensi menimbulkan korupsi
Terlepas dari itu, yang menjadi pertanyaan adalah akankah partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilihnya di tengah kondisi pandemi covid 19 bisa meningkat ? Atau malah angka Golput yang bertambah ? Menjadi tantangan yang cukup berat bagi penyelenggara termasuk stakeholder lainnya untuk meyakinkan masyarakat agar tetap menunaikan hak pilihnya dengan baik, meskipun dibayang-bayangi ganasnya virus corona.
Dengan itu Garda Tipikor mengadakan Webinar dengan tema “Menciptakan Kualitas Demokrasi Demi Pilkada yang Berintegritas”, yang menghadirkan narasumber:
– Dr. Ali Mochtar Ngabalin, M.Si. (Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden)
– Dr. Arqam Azikin (Pengamat Politik dan Kebangsaan)
– Fajlurrahman Jurdi, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum Unhas)

Yang akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal : Sabtu, 28 November 2020
Waktu : Pukul 20.00 Wita – Selesai
Via : Zoom Meeting dan Live Youtube Garda Tipikor FH Unhas
Link pendaftaran : http://tiny.cc/webinargarda

 



Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember

Tinggalkan Balasan