Webinar: Evaluasi Kebijakan Pemerintah di Masa Pandemi

[SEMINAR NASIONAL]

Indonesia, sejak kebijakan PSBB pada pertengahan Maret 2020, telah berusaha semaksimal mungkin bertahan menghadapi pandemi COVID-19. Beberapa sektor terdampak hebat, di antaranya sektor ekonomi, pendidikan, dan hukum. Hingga akhir Oktober, Indonesia masih diprediksi berada di bibir jurang resesi. Mau tidak mau kebijakan strategis dari pemerintah harus segera diambil guna menyelamatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada aspek pendidikan, kebijakan kuota gratis kepada pelajar yang dicanangkan kemendikbud juga belum berdampak signifikan. Terlebih, masa pandemi benar-bener menunjukkan ketidaksiapan Indonesia dalam pembelajaran jarak jauh. Hal itu disebabkan masih kurang meratanya akses internet di banyak pelosok Indonesia.

Tak berbeda pada aspek hukum, berkali-kali proses legislasi masa pandemi seakan menunjukkan citra buruknya. RUU KPK, UU Minerba, bahkan yang paling hangat: UU Cipta Kerja.

Atas banyak persoalan itu, evaluasi terhadap kebijakan pemerintah adalah suatu keharusan. Apakah kebijakan yang selama ini diambil telah (betul-betul) menyelesaikan masalah? Atau justru, hanya bagian lain dari politik transaksional?

Kami mengundang seluruh elemen masyarakat dan civitas akademika. Mari bersama-sama hadir dalam Seminar Nasional FKPH 2020 dengan mengusung Tema: “Evaluasi Kebijakan Pemerintah di Masa Pandemi” yang akan dilaksanakan pada:

📅 Sabtu, 31 Oktober 2020
⏰ 09.00 – selesai
📍 Zoom
🎤 Keynote: Prof. Susi Dwi Harjianti S.H., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran)

Narasumber:
– Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H., LL.M. (Pakar Hukum Tata Negara Universitas Gadjah Mada)
– Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. (Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta dan Guru Besar Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia)
– Eko Prasetyo, S.H. (Aktivis HAM, Penggerak Social Movement Insitute, Pendiri Rumah Pengetahuan Amartya, dan Penulis Trilogi “Orang Miskin Dilarang Sekolah”)

Moderator : Ayu Atika Dewi, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum UII)

Link Pendaftaran:
http://bit.ly/SemnasFKPH2020

Narahubung:
Eka Detik (0852-1605-0696)
Mahrus Ali (0855-2482-4893)

 



Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember

Tinggalkan Balasan