Webinar dan FGD Kekerasan Terhadap Anak oleh ALSA LC UJ

Jember, 22 November 2020 — ALSA Local Chapter Universitas Jember mengadakan webinar dan focus group discussion tentang kekerasan terhadap anak. Webinar dan FGD ini merupakan salah satu rangkaian acara dari ALSA Care and Legal Coaching Clinic yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 20 hingga tanggal 22 November 2020.

Webinar tersebut menghadirkan Dina Tsalist Wildana, S.H.,LL.M. (Dosen Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Jember), Andik Ariawan, Bc.I.P., S.H., M.H. (Kepala Seksi Pembinaan LPKA kelas I Blitar), dan Solehati Nafitasari, S.H.,M.H. (Pendamping dari Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Jember) sebagai pembicara. Dalam webinar ini juga menghadirkan Nova Wulandari,S.H.(Founder Perempuan Bicara) sebagai moderator.

Webinar tersebut dimulai sekitar pukul 09:00 WIB dengan terlebih dahulu Dina Tsalist Wildana memaparkan materinya. Dina menjelaskan, anak memiliki hambatan mengingat secara psikologis dan usianya masih belia sehingga menjadi tugas negara untuk melindunginya. Kemudian Dina menambahkan, kondisi sosial dan budaya kita masih mengabaikan hak-hak anak, sehingga orang tua bebas melakukan apa saja karena orang tua beranggapan bahwa anak adalah milik orang tua.

Hak-hak anak diatur dalam pasal 4 hingga pasal 18 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Lebih lanjut, Dina menjelaskan ada beberapa prinsip umum dalam pemenuhan hak anak, yaitu prinisp non diskriminasi, prinsip kepentingan terbaik anak, prinsip hak hidup, keberlangsunga hidup, dan perkembangan, dan prinsip penghargaan terhadap pendapat anak

Dina Tsalist Wildana sedang memaparkan materi dalam webinar CLCC ALSA LC UJ 2020 (dokumentasi redaksi).

Dalam melakukan pembinaan terhadap ABH di LPKA, maka diperlukan semangat CERIA (Cepat, Efektif, Ramah, Iklhas) supaya tidak ada kesan anak hidup di dalam penjara dan ABH dapat dilakukan pembinaan secara kepribadian dan kemandirian dengan semangat CERIA.

Andik Ariawan menjelaskan, ABH di LPKA kelas I Blitar dilakukan pembinaan secara kepribadian dan kemandirian. Pembinaan kepribadian meliputi pembinaan secara konseling, keagamaan,dan olahraga. Sedangkan pembinaan secara kemandirian meliputi pembinaan keterampilan dan pendidikan atau sekolah formal di lingkungan LPKA.

Kemudian, Andik Ariawan menambahkan, selama masa pandemi COVID-19 LPKA kelas I Blitar menerapkan beberapa kebijakan dalam rangka mengurangi penularan COVID-19 seperti asimilasi di rumah, social distancing, hunian isolasi, dan penerapan protokol kesehatan di dalam LPKA kelas I Blitar.

Andik Ariawan turut serta sebagai pembicara dalam webinar CLCC ALSA LC UJ 2020

Merujuk Pasal 12 ayat 2 huruf b Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak merupakan urusan Pemerintah Daerah. Solehati menjelaskan, untuk melaksanakan perlindungan dan pemberdayaan anak di Jember, maka pemkab Jember membentuk forum anak desa/ kelurahan dan forum anak kecamatan di masing-masing kecamatan dan desa/kelurahan.

Saat ini, forum anak kecamatan telah dibentuk di 9 kecamatan dan forum anak desa/kelurahan telah dibentuk di 72 desa/kelurahan. Solehati menambahkan, pemberdayaan anak di Kabupaten Jember diwujudkan dalam bentuk membuka ruang partisipasi anak, menghargai pendapat anak, dan memberi wadah untuk anak dalam forum anak dimulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten.

Lebih lanjut solehati menambahkan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemberdayaan ABH seperti melihat kondisi dan kebutuhan ABH, pendampingan hukum untuk ABH, pemenuhan hak sipil dan hak pendidikan ABH, tumbuh kembang ABH, dan pemantauan serta pencatatan perkembangan ABH secara berkala.

Solehati Nafitasari juga turut berpartisipasi sebagai pembicara dalam webinar CLCC ALSA LC UJ 2020

Acara CLCC merupakan amanah dari national board ALSA Indonesia yang bertujuan untuk menerapkan pilar ALSA yaitu legally skilled dan social responsibility. Webinar dan FGD merupakan bagian dari rangkaian acara CLCC ALSA LC UJ 2020 yang diadakan pada hari terakhir. Kegiatan hari pertama adalah seminar secara daring dan luring di Bengkel Jiwa Foundation, Desa Wirolegi, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember dengan mengundang Mieke Prasetyo,S.Psi.,M.PSi.,Psi (Psikolog Garwita Institute dan Anggota HIMPSI Sekarkidjang) sebagai pembicara dengan tema semangat membangun masa depan.

Kemudian, kegiatan pada hari kedua  adalah mengadakan seminar secara daring dan luring di Kantor Kecamatan Sukowono di Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember dengan mengundang pembicara yang sama dan dengan tema Lindungi Hak, Tata Pola Asuh, dan Persiapkan Psikologis Anak Demi Masa Depan yang Gemilang.

Kegiatan CLCC ALSA LC UJ 2020 di Bengkel Jiwa Foundation

Kegiatan CLCC ALSA LC UJ di Kantor Kecamatan Sukowono

Kegiatan CLCC ALSA LC UJ 2020 di Kantor Kecamatan Sukowono

Kegiatan CLCC ALSA LC UJ 2020 di Kantor Kecamatan Sukowono

 



Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember

Tinggalkan Balasan