Juli 7, 2020

Urgensi Bantuan Hukum Kepada Masyarakat

Dewasa ini, perkembangan hukum yang semakin mapan ditunjukkan dengan lahirnya berbagai regulasi hukum. Regulasi hukum yang mengakomodasi kepentingan masyarakat menjadi penting sebagai wujud kepastian hukum. Implementasi atas suatu regulasi hukum menjadi penting untuk dibahas.

Selama ini, terdapat banyak kasus hukum yang mengorbankan keadilan atas kepastian hukum. Katakanlah kepada masyarakat tidak mampu, tertindas, dan rentan. Sudah menjadi rahasia umum sebuah peribahasa ‘Hukum Tajam ke Bawah Namun Tumpul ke Atas’.

Dihubungkan dengan bantuan hukum (legal aid), menjawab kebutuhan akan bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu, tertindas, rentan untuk mendapatkan keadilan. Bantuan hukum diatur pada UU Nomor 16 Tahun 2011. Aturan tersebut merupakan implementasi equality before the law, access to justice, dan akomodasi UUD NRI 1945. Salah satu hal yang dapat dipahami ialah bahwa profesi advokat wajib membantu ‘si miskin’. Hal ini didasari dengan tujuan advokat bukan sebagai profesi untuk komersil.

Bersama bapak Wachid selaku Direktur LBH Surabaya, melalui podcast Kawan Bicara mengupas habis topik bantuan hukum. Simak selengkapnya di tautan ini.