Hukum merupakan sebuah sistem yang sangat kompleks. Demikian pula realitas mengenai pluralitas yang dimiliki oleh Indonesia menjadikan keadaan hukumnya semakin pelik dan tak jarang menimbulkan permasalahan yang esensial. Pada dasarnya proses pendidikan hukum yang telah dilakukan sejak lama secara formal belum memberikan hasil yang positif dalam menciptakan warga negara yang baik dalam aspek kesadaran hukum. Padahal, jika dengan menelisik lebih dalam, pemahaman dan kesadaran hukum warga negara sangat diperlukan sebagai salah satu penunjang pembangunan hukum nasional.

Namun, selain kebutuhan akan pemahaman dan kesadaran hukum yang baik oleh warga negara, minat literasi pun juga sangat diperlukan dan alangkah baiknya untuk dapat berjalan beriringan, mengingat data UNESCO
memaparkan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Maka dari itu, perlu dilakukan sebuah inovasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa perihal hukum Indonesia dengan urgensi pembangunan hukum nasional dan peningkatan budaya literasi yang diiringi oleh perkembangan digitalisasi. Hal itu dapat diwujudkan menjadi satu dalam sebuah platform digital bernama “Kawanhukum.id”. Kawanhukum.id merupakan sebuah platformdigital yang mewadahi ide Gen Y dan Z tentang hukum Indonesia. Tulisan yang dipublikasikan dapat berbentuk opini, esai ringan, atau tulisan ringan lainnya sebagai bentuk aktualisasi ideide mereka.

Kawanhukum.id mengadakan Kompetisi Artikel Hukum 2021 tingkat Nasional yang mengusung tema besar “Kehidupan Hukum di Indonesia”. KawanHukum.id menyelenggarakan kompetisi ini dalam rangka untuk meningkatkan literasi mahasiswa, dengan harapan dapat menghasilkan output yang diinginkan secara kompetitif. Proses pendaftaran telah dibuka pada 8 Februari hingga 25 Februari 2021 dengan total 91 pendaftar yang mencakup mahasiswa, siswa, praktisi dan lainnya.

Proses penilaian berjalan dari 26 Februari 2021 hingga 11 Maret 2021, oleh empat juri utama yang disediakan oleh pihak kawanhukum.id.Pemenang kompetisi artikel hukum yang diselenggarakan oleh Kawan Hukum terbagi mejadi dua kategori, yakni Top Article dan Top Favorit Article. Adapun kriteria penilaian:

  1. Struktur: Tulisan tersusun dengan baik, sesuai dengan ketentuan yang diberikan.
  2. Isi: Tulisan harus menganalisa isu yang relevan sesuai dengan tema yang diberikan, analisis dilakukan secara akurat, relevan dan fokus. Argumentasi dibangun dengan baik.
  3. Koherensi: Tulisan disajikan dengan baik, mudah dibaca, memiliki struktur tulisan yang mudah dipahami dengan ejaan dan tata bahasa yang benar.
  4. Jumlah Likes

Berikut ini pemenang Top Article kompetisi artikel hukum yang diselenggarakan oleh kawanhukum.id tahun 2021:

1. Media Massa: Antara Regulasi dan Privatisasi oleh Mario Djegho

2. Potret Hukum Diskriminatif Terhadap Penyandang Disabilitas di Indonesia oleh Bagas Wahyu Nursanto

3. Kontroversi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang Membungkam Kebebasan Berpendapat oleh Alif Fazduani

3. Legitimasi Paralegal Dalam Pemberian Bantuan Hukum di Indonesia oleh Agung Cahyono

Berikut ini adalah pemenang Top Favorit Article dengan Likes terbanyak:

  1. Jaminan Hukum pada Anak dalam Upaya Melindungi Hak-Hak Anak di Indonesia oleh Rheannen Cariena
  2. Fenomena Spill Pelaku Kriminal Melalui Twitter dalam Pusaran Nilai, Budaya, dan Kriminalisasi Hukum oleh Lefri Mikhael
  3. Kontroversi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang Membungkam Kebebasan Berpendapat oleh Alif Fazduani
  4. Quo Vadis Hukum Pidana Indonesia oleh Ahmad Habib Al Fikry
  5. Kehidupan Hukum Indonesia Dilema: COVID-19 oleh Muhammad Rifqi Maulana
  6. Dualisme Arah Pemberlakuan UU ITE: Menjamin Perlindungan Hak dan Kepentingan Individu atau Membebani Kehidupan Masyarakat di Era Digital ? oleh M. Hisyam Maulana
  7. Aturan Hukum untuk Menjerat Pelaku Penyebaran Hoax di Media Sosial oleh Maisha Ariani
  8. Ketimpangan Hukum Bagi Kaum Bawah oleh Muhammad Zidan Nabil

Selamat bagi pemenang Top Article dan Top Favorit Article dalam kompetisi artikel hukum yang diselenggarakan oleh Kawanhukum.id tahun 2021

Kami dari kawanhukum.id mengucapkan terima kasih banyak bagi para peserta yang memeriahkan kompetisi artikel hukum ini. Sampai jumpa pada event selanjutnya!

 

 


kawanhukum.id merupakan platform digital berbasis website yang mewadahi ide Gen Y dan Z tentang hukum Indonesia. Ingin informasi lomba, webinar, call for papers atau acara kalian lainnya juga diterbitkan di sini? Klik tautan ini.

Share.

Seorang anak pertama dari dua bersuadara yang terlahir dari keluarga sederhana, yang menyukai travelling dan anti denga kata "Menyerah"

Leave A Reply