Juli 7, 2020

‘Nggak’ Perlu Diragukan: 5 Fakta Beasiswa Bank Indonesia yang Pasti Membuatmu Ingin Daftar!

Akhir-akhir ini kalian para mahasiswa pasti sering mendengar kegiatan sosialiasi Bank Indonesia, atau sebelumnya sudah mendengar apa itu GenBI. Yap! Selain melaksanakan tugas pokoknya di bidang moneter, perbankan dan sistem pembayaran, Bank Indonesia (BI) juga memiliki kepedulian terhadap komunitas sebagai wujud social responsibility-nya.

Kepedulian kepada komunitas dapat dipahami untuk sarana peningkatan partisipasi dan posisi organisasi di tengah masyarakat. Kepedulian ini dilakukan melalui berbagai upaya kerjasama dan kemitraan strategis dengan beberapa elemen masyarakat lainnya.

Sehingga, untuk membuktikan pada masyarakat bahwa Bank Indonesia (BI) tidak hanya fokus pada hal besar saja, tapi juga ikut bertanggung jawab dalam pengembangan masa depan mahasiswa yang diwujudkan dengan pemberian beasiswa, dengan tujuan untuk menemukan pemimpin yang baik dan memiliki visi misi baik pula.

Lalu apa sih kerennya Beasiswa Bank Indonesia? Yuk kita simak lima fakta berikut:

1. Besaran Beasiswa

Beasiswa Bank Indonesia memberikan uang pembinaan sebesar Rp. 1000.000 per bulannya. Gede banget nggak tuh? Yap! Besaran Beasiswa ini sejatinya ditujukan untuk membantu finansial mahasiswa dalam kelancaran studinya. Sehingga pada dasarnya, Bank Indonesia ingin membantu mahasiswa untuk agar lulus dari kuliah.

Namun, yang perlu diperhatikan Beasiswa Bank Indonesia tidak hanya memiliki benefit secara finasial, melainkan juga manfaat secara intelektual. Mahasiswa tidak hanya diajarkan pintar dalam akademik saja, melainkan juga pintar dalam segala bidang. Baik dalam berwirausaha, kepekaan sosial, hingga mampu bertahan di tengah gejolak perekonomian maupun tantangan perubahan zaman.

 

2. GenBi (Generasi Baru Indonesia): Komunitas Penerima Beasiswa sebagai Garda Terdepan Komunikasi Bank Indonesia

Komunitas GenBI adalah komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia yang dibentuk di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Komunitas GenBI diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2011. Komunitas GenBI dibentuk sebagai wahana serta sarana pengembangan kepemimpinan mahasiswa berbasis kampus. Komunitas ini diperuntukan dan dikelola oleh para Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia.
Selain itu, komunitas ini juga dibentuk dalam rangka akselerasi dan optimalisasi potensi bibit – bibit unggul muda Indonesia yang memiliki beragam latar belakang bidang keahlian dan peminatan. Harapannya, nantinya GenBI dapat melahirkan para pemimpin bangsa (future leader) yang memiliki kemampuan serta wawasan yang lebih luas dan komprehensif untuk menjawab berbagai tantangan kehidupan dunia dimasa depan.
Generasi Baru Indonesia juga bertujuan untuk meningkatkan kepekaan sosial serta menumbuhkan semangat dan jiwa pengabdian terhadap masyarakat. Sehingga para Mahasiswa Penerima Beasiswa Bank Indonesia dapat menjadi pemimpin yang menjulang keatas dan mampu mengakar ke bawah. Hingga pada akhirnya dapat terbangun mental pembelajaran yang bertitik pada proses perbaikan diri yang berkelanjutan.
Komunitas GenBI ini berasal dari mereka si penerima beasiswa, yang dibimbing untuk membagi energi bagi negeri dengan cara melakukan beberapa kegiatan. Tentunya kegiatan ini melibatkan peran masyarakat didalamnya, sampai ke arah memberikan pelayanan sepenuh hati. Dari segala banyak ragam kegiatan maupun aktivitas yang dilakukan, pada akhirnya bertujuan untuk membimbing mereka menjadi sebuah komunitas yang kreatif.
GenBI ingin menjadikan  anggotanya menjadi mahasiswa yang mengutamakan berbagi gagasan, dialog terbuka, berbagi sinergi, berbagi pengetahuan, meluaskan networking, memperbanyak pengalaman, dan meningkatkan sebuah toleransi.

Selai itu, banyak hal yang telah dilakukan BI untuk membina GenBI. Ini terlihat dari berbagai macam bentuk pelatihan dan juga seminar yang diadakan untuk memajukan anak-anak muda saat ini, khususnya penerima beasiswa Bank Indonesia.

 

3. Relasi, Koneksi, dan Mengenal Duia Kerja yang Nggak bisa Didapat di Beasiswa Lain

Menjadi anggota GenBI tentunya memiliki banyak manfaat. Salah satu diantaranya adalah menambah wawasan, koneksifitas dan juga mengenal dunia kerja. Komunitas penerima beasiswa BI ini memang sangat dibutuhkan. Selain berbicara tentang perkembangan perekonomian di Indonesia, GenBI juga merupakan salah satu bentuk kontrol dari BI kepada mahasiswa penerima beasiswa agar lebih bertanggung jawab kepada diri sendiri dan masyarakat.

GenBI dididik dan dilatih agar memiliki kemampuan yang kemudian akan berguna bagi masyarakat banyak. Para penerima tidak hanya dibiarkan begitu saja, tetapi selalu diasah dan diasuh, sehingga menjadi pribadi yang lebih tangguh dalam menghadapi gejolak perekonomian dimasa yang akan datang.

 

4. Terkenal dengan Aksi Sosialnya yang Ciamik

Hadirnya GenBI ditengah-tengah mahasiswa benar-benar seperti khayalan yang dikabulkan. GenBI memang berfokus untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat. Mulai dari aksi sosial bantuan korban bencana, pelatihan kewirausahaan, sosialisasi tentang Rupiah, ikut serta kegiatan kemasyarakatan, hingga membantu mengelola objek pariwisata.

Saking terkenalnya GenBI dengan aksi sosialnya, sampai-sampai orang-orang di pelosok pasar hingga desa pun pasti mengenal siapa itu GenBI. Namun, tak hanya itu, GenBI juga terkenal dengan koneksitas media yang baik. Sehingga hampir dapat dipastikan, tak satupun kegiatan GenBI yang tidak diliput oleh media.

 

5. Kamu ingin berkontribusi apa saja, semua bisa di GenBI!

GenBi juga terkenal dengan event-event  dan kegiatan mereka yang besar. Setiap workshop, seminar, ataupun pelatihan yang diadakan oleh GenBI pastinya akan dimentori oleh mereka-mereka yang expert dan terkenal ciamik dengan bidangnya.
GenBI juga memberikan garansi untuk menampung setiap aspirasi dan keinginan anggotanya untuk dapat mengembangkan diri dan sekitanya. Simpelnya: “Kalian mau apa, semua bisa di GenBI.” Mau bikin rumah hidroponik? Bisa! Bikin Bank Sampah? Juga Bisa! Semua bisa kalian lakukan di GenBI. Asalkan ide dan keinginan kalian tersebut juga bisa bermanfaat bagi anggota GenBI yang lain, dan tentunya masyarakat sekitar.
Jadi tunggu apa lagi? Segera persiapkan diri kalian untuk menjadi anggota GenBI. Terus pantau akun sosial media GenBI di daerah kalian untuk mendapatkan info pendaftarannya.
Generasi Baru Indonesia, Jaya! Berinovasi, Berprestasi!

Seorang anak yang terlahir sebagai kado terindah untuk ulangtahun ke-23 Ibundanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.