Hari ini:September 21, 2019

Menilik Aturan Pengibaran Bendera Setengah Tiang

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun

Telah meninggal dunia salah seorang bapak bangsa Indonesia

Terima kasih atas dedikasi Eyang, semoga amal perbuatan baik diterima oleh Allah Swt.

Aamiin…

Presiden Republik Indonesia Ketiga, BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Rabu (11/09/2019) di Jakarta. Jenazah BJ Habibie dikebumikan hari Kamis (12/09/2019) di liang lahat nomor 120 Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Terpantau, jagat media sosial ramai dengan tagar #RIPBapakTeknologiIndonesia #SelamatJalanHabibie.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 dikenal pada masa kecilnya sebagai anak yang cerewet dan tinggi rasa ingin taunya. Inilah yang membentuk kejeniusan ‘Rudy’, nama kecil BJ Habibie. Hal ini didukung oleh didikan keluarga dan ketika ayahnya menggemblengnya sejak kecil. Kecerdasan dan kegigihan yang tinggi itu telah terbukti, terlebih ketika salah satu penemuannya yang hingga kini dipakai semua pesawat di dunia penerbangan yaitu, Crack Progression Theory.

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengimbau melalui surat kepada institusi negara, BUMN/BUMD, seluruh kepala daerah di penjuru negeri beserta jajarannya serta masyarakat luas untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama tiga hari. Penghormatan yang setinggi-tingginya patut diberikan kepada Bapak Teknologi Indonesia dari tanggal 12 hingga 14 September 2019 sebagai Hari Berkabung Nasional.

Aturan mengenai pengibaran setengah tiang diakomodasi pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan. Pengaturan tersebut terdapat pada pasal 12 ayat (1) huruf b sebagai tanda berkabung. Aturan mengenai bendera setengah tiang kepada alm. BJ Habibie tercantum lebih jelas pada pasal 12 ayat (4), (5), dan (6).

Makna pengibaran bendera setengah tiang sangatlah dalam. Ungkapan duka cita ini menjadi bentuk penghormatan bagi seseorang yang berjasa pada negara. Sebelum menjadi presiden, alm. BJ Habibie menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi di masa Presiden Soeharto. Dikenal dengan sederet prestasinya, kiprah BJ Habibie layak menjadi panutan dan inspirasi banyak orang, baik secara nasional dan internasional.

Tradisi pengibaran bendera setengah tiang dilakukan hampir seluruh negara di dunia. Momen-momen tersebut terkait kesedihan yang menimpa negara tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada langkah khusus untuk prosesi bendera setengah tiang. Di Indonesia sendiri, teknis pengibaran bendera setengah tiang dengan cara mengerek bendera hingga ke puncak tiang. Kemudian, bendera tersebut diturunkan sesuai ukuran perkiraan pada pertengahan tiang.

Hiduplah kamu seperti akan mati besok, dan berbahagialah seperti kamu akan hidup selamanya

Bacharuddin Jusuf Habibie

Share

Lebih akrab dengan sapaan Shofi Hoo. Seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember. Satu dari sepuluh pemuda pengguncang dunia.