September 20, 2020

Mau Lanjut Kuliah? Inilah 5 Sekolah Hukum Terbaik Dunia Asal Amerika

Melanjutkan sekolah di luar negeri tentu menjadi harapan semua orang. Selain, University of Oxford dan Univeristy of Cambridge, terdapat pula beberapa universitas lain, khususnya asal Amerika Serikat yang memiliki sekolah hukum terbaik di dunia.

Bagi Kawan Hukum yang ingin melanjutkan sekolah, berikut, 5 universitas asal Amerika Serikat dengan sekolah hukum terbaik di dunia yang mungkin bisa jadi referensi dan rencana untuk melanjutkan kuliah.

Harvard Law School

Siapa yang tidak pernah mendengar Harvard? Iya, adalah kampus impian bagi banyak orang ini telah berdiri sejak 8 September 1636 dan memiliki salah satu sekolah hukum tertua di dunia. Harvard Law School telah berdiri sejak 1817 hingga saat ini. Harvard Law School yang merupakan almamater mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ini tercatat setiap tahunnya memiliki kurang lebih 1900 mahasiswa baru dengan program pendidikan dari tingkat sarjana hingga doktoral. Juga, sekolah hukum ini menyediakan berbagai kursus dan seminar hukum.

Tidak hanya itu, Harvard Law School menyediakan pula beberapa program lainnya seperti program koordinasi, program gelar bersama dan juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih gelar bersama dengan sekolah-sekolah Harvard lain. Tentu menjadi hal yang menarik karena kita bisa bergabung dengan berbagai program untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat kita secara maksimal sesuai dengan kebutuhan kita.

Yale Law School

Selain Harvard Law School, ada pula Yale Law School yang merupakan tempat Gerald Ford, Presiden ke-38 Amerika Serikat dan Bill Clinton, Presiden ke-42 Amerika Serikat menempuh bangku perkuliahan. Yale Law School merupakan bagian dari Yale University yang terletak di Connecticut, Amerika Serikat yang berdiri sejak 1824.

Sekolah hukum ini dapat dikatakan menjadi salah satu sekolah hukum terbaik di dunia yang memiliki jumlah pelamar yang banyak dan sangat ketat dalam menyeleksi mahasiswanya. Sekolah ini menyedikan program pendidikan sarjana, master hingga doktoral.

Kira-kira apakah kalian tertarik kuliah di kampus ini?

New York University School of Law

Dari Connecticut, kita menuju Negara Bagian New York. Di wilayah ini, erdapat pula salah satu sekolah hukum terbaik yang berdiri sejak 1835. Sekolah hukum ini bernama New York University School of Law. Sekolah hukum tertua di New York ini merupakan salah satu sekolah terbaik dunia yang diakui dan diperhitungkan keberadaannya karena dedikasi yang tinggi terhadap perkembangan studi pemerintahan.

Kampus ini memiliki banyak pusat dan institusi yang mengkhususkan diri dalam berbagai bidang hukum. NYU sendiri menyediakan program pendidikan yang luar biasa dan menarik untuk diikuti salah satunya LL.M dalam Program Perpajakan dan Master of Science dalam Risiko dan Strategi Keamanan Siber.

Alumni dari kampus ini antara lain mantan Walikota New York, Mantan Direktur FBI dan hakim-hakim ternama di Amerika Serikat. Ingin bersekolah disini? Tenang, NYU menyediakan banyak beasiswa penuh bagi kalian yang ingin melanjutkan sekolah di sini.

Stanford Law School

Belum cocok sama sekolah hukum yang tadi? Coba liat Stanford Law School deh. Stanford Law School juga merupakan salah satu sekolah hukum yang terbaik yang terletak di Stanford, California dan berdiri sejak 1893. Sejak 1992, Stanford Law School dinobatkan menjadi satu dari tiga sekolah hukum terbaik di Amerika Serikat lain, yaitu Harvard Law School dan Yale Law School.

Sekolah ini terkenal dengan Perpustakan Robert Crown Law yang kurang lebih memiliki 500.000 buku, 360.000 mikroform dan data audiovisual di dalamnya.

Dalam hal program akademiknya, Stanford juga menyediakan program Joint Degree seperti Harvard Law School yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan program kombinasi dengan disiplin ilmu lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan potensi, minat dan bakat. Seru bukan?

Columbia Law School

Sekolah hukum satu ini merupakan kampus terbaik yang hampir selalu menduduki papan atas di dalam setiap penilaian sekolah hukum di Amerika Serikat. Berdiri pada tahun 1858 sebagai Columbia College Law School, Columbia Law School merupakan sekolah pascasarjana professional Universitas Columbia, anggota Ivy League.

Columbia Law School sangat dikenal dengan para alumninya yang menduduki tempat-tempat hukum terbaik di Amerika, karena kekuatannya dalam hukum perusahaan. Tidak hanya pada hukum perusahaan, Columbia Law School ini juga memiliki fokus dalam bidang hukum internasional dan memiliki pusat studi hukum Tiongkol, Jepang, Korea, Eropa dan pusat studi hukum yang lain, Menarik bukan?

Jadi gimana nih, sudah tentu universitas mana yang akan dituju untuk melanjutkan sekolah di Amerika Serikat?


kawanhukum.id merupakan platform digital yang mewadahi ide Gen Y dan Z tentang hukum Indonesia. Tulisan dapat berbentuk opini, esai ringan, atau tulisan ringan lainnya dari ide-idemu sendiri. Ingin tulisanmu juga diterbitkan di sini? Klik tautan ini.

Avatar

sudah selesai di Fakultas Hukum, sedang menempuh Magister Administrasi Publik

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments