Launching will be held in Surabaya, 01 September 2019Agustus 23, 2019

Academic Constitutional Drafting MPR 2019 [DL: 30 Juni 2019]

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyelenggarakan lomba Academic Constitutional Drafting 2019. Kegiatan lomba ini berjudul, “Memperkuat status hukum Ketetapan MPRS dan MPR dalam sistem hukum Indonesia”.

Naskah Academic Constitutional Drafting harus mampu menjawab:

  1. Landasan filosofis, yuridis, dan sosiologis yang mendasari perlunya Ketetapan MPRS dan Ketetapan MPR dalam hierarki peraturan perundangundangan.
  2. Telaahan secara menyeluruh terhadap kedudukan Ketetapan MPRS dan Ketetapan MPR dalam sistem Hukum Indonesia.
  3. Materi Ketetapan MPRS dan Ketetapan MPR yang sudah dimuat dalam Undang-Undang serta yang belum diatur dalam Undang-Undang.
  4. Konsekuensi dan implikasi adanya Ketetapan MPRS dan Ketetapan MPR yang dinyatakan masih berlaku dengan ketentuan.
  5. Rekomendasi tindaklanjut terhadap Ketetapan MPRS dan Ketetapan MPR yang materinya sudah diatur dalam Undang-Undang dan terhadap Ketetapan MPRS dan Ketetapan MPR yang materinya belum diatur dalam UndangUndang.
  6. Rekomendasi tindaklanjut terhadap penyempurnaan peraturan perundangundangan di Indonesia dalam kerangka membangun sistem hukum Indonesia serta usulan rumusannya.

Peserta Academic Constitutional Drafting adalah mahasiswa dari Fakultas Hukum atau gabungan dari fakultas lainnya yang berasal dari 1 (satu) perguruan tinggi/universitas. Peserta merupakan kelompok/tim yang beranggotakan 5 (lima) orang mahasiswa. Universitas/Perguruan Tinggi dapat mengirimkan lebih dari 1 (satu) kelompok/tim. Setiap tim dapat didampingi oleh sebanyak-banyaknya 1 (satu) orang dosen pembimbing.

Naskah dikirimkan paling lambat 30 Juni 2019. Peserta yang lolos seleksi akan diundang oleh MPR untuk mempresentasikan naskahnya pada 26-30 Agustus 2019.

Informasi selengkapnya bisa diakses pada tautan ini.

Share