Hari ini:Oktober 20, 2019

Kompetisi Legislative Drafting CLFest 2019

Indonesia terkenal dengan Negara hukum, sebagaimana tersebut dalam pasal 1 ayat (3) UUD NRI 1945. Namun, dalam kenyataan nya masih banyak pelanggaran yang kerap dilakukan baik oleh masyarakat maupun aparat pemerintah bahkan pelanggaran oleh aparat penegak hukum itu sendiri. Dewasa ini banyak masyarakat yang memprotes akan berbagai macam undang-undang dan peraturan yang berlaku, karena dianggap tidak sesuai dan tidak relevan dengan keadaan masyarakat saat ini. Dengan semakin banyaknya aduan untuk merubah bahkan membuat suatu perundang-undangan dan peraturan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sebagaimana diketahui bahwa, dalam proses pembuatan Undang-Undang dan peraturan tidak mudah. Membutuhkan proses yang panjang dan perundingan yang matang antara setiap pihak yang terlibat. Berangkat dari permasalahan ini, searang tidak sedikit fakultas hukum di Indonesia berlomba-lomba mengadakan kompetisi perancangan undang-undang. Tidak hanya KPUU saja, tetapi juga Kompetisi penulisan Artikel Ilmiah, debat, hingga Battle of Brains.

Hal ini dimaksudkan agar para calon Sarjana Hukum, ketika masuk ke dalam dunia kerja yang membutuhkan skill untuk perumusan Undang-Undang dan peraturan, dapat menghasilkan produk hukum yang berkualitas dan mengayomi masyarakat. Meskipun, di beberapa Fakultas Hukum di Indonesia ada yang memasukkan mata kuliah perancangan Undang-Undang ke dalam kurikulumnya, ajang ini dapat dijadikan sebagai acuan apakah materi yang disampaikan di kelas selama ini berhasil di serap dengan baik atau tidak. Dengan berkembang nya teknologi, kompetisi seperti ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa/i saja, bahkan bisa di ikuti oleh anak anak SMA yang berminat untuk melanjutkan studi nya di fakultas hukum.

Menambah wawasan, pengetahuan, pertemanan, soft skill, hingga pengalaman menarik dan tak terduga akan diperoleh setelah mengikuti ajang tersebut. Ajang ini di maksdukan untuk menyiapkan generasi bangsa Indonesia untuk siap bersaing dengan Negara lain dalam bidang hukum. Serta menyiapkan para calon aparat penagk hukum yang berkompeten dan berkualitas.

Sebagai salah satu fakultas hukum tertua di Universitas Brawijaya, telah banyak prestasi yang berhasil diraih FH UB. Melalui beragam lembaga semi otonom yang didirikan, menjadi tempat bagi para mahasiswa untuk mencurahan setiap apresiasi hingga mengasah kemampuan yang dimiliki untuk berprestasi lebih baik. Salah satu lembaga semi otonom di FH UB adalah FKPH (Forum Kajian dan Penelitian Hukum), yang memberikan tempat bagi para mahasiswa yang ingin melatih skill nya dalam meneliti, penulisan artikel maupun karya tulis ilmiah. Berbagai macam event telah dilaksanakan, dan berbagai macaam lomba telah diikuti oleh para anggota FKPH. Sehingga, tidak sedikit piala yang berhasil diraih oleh FKPH. Salah satu event terbesar tahunan yang sudah dua kali diadakan oleh FKPH dan mendatangkan pembicara pada Talkshow Hukum Nasional dari Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dan akan diselenggarakn kembali pada bulan oktober 2019 mendatang.

CL Fest atau Constitusional Law Festival merupakan event tahunan yang diadakan oleh Forum Kajian dan Penelitan Hukum (FKPH) Fakultas hukum Universitas Brawijaya. Event tahunan ini diadakan mulai tahun 2017 dan tahun ini akan menjadi tahun kedua CLFest diadakan. CLFest merupakan ajang kompetisi artikel ilmiah mahasiswa yang memperebutkan piala bergilir prof. Abdul Mukhtie Fadjar, Kompetisi Perancangan Undang-Undang (KPUU) yang memperebutkan piala bergilir Prof. Achmad Sodiki, dan Battle of Brains dengan memperebutkan piala Dekan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, serta puncak acara yaitu Talk Show Hukum Nasional dengan menghadirkan pemateri dari Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia. Berbagai kompetisi tersebut dapat di ikuti oleh seluruh Mahasiswa Fakultas Hukum se Indonesia, maupun tingkat SMA se Malang Raya.

Tahun 2018 lalu CLFest mengangkat tema “Mewujudkan Mahkamah Konstitusi yang Berintegritas dan Bermartabat sebagai The Guardian of Constitution”, dengan tujuan sebagai berikut :
1. Mendiseminasi informasi dan pengetahuan mahasiswa terhadap pentingnya aktualisasi nilai-nilai konstitusi dalam berpolitik, sebagai upaya mewujudkan negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai konstitusi sosial di era masyarakat hukum Indonesia saat ini.
2. Menciptakan mahasiswa berbudaya konstitusi yang sadar akan hukum, bersikap kritis, analitis, dan solutif terhadap permasalahan bangsa.
3. Menumbuhkembangkan kemampuan mahasiswa dibidang penalaran dan penelitian dalam lingkup penulisan hukum.
4. Mendorong para pembuat kebijakan untuk menjadikan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sesuai dengan nilai konstitusi yang mencakup semua kalangan untuk pengaturan keberlakuan sistem politik masyarakat yang bermartabat.
5. Memperkenalkan mahkamah konstitusi sebagai The Guardian ofConstitution kepada seluruh masyarakat khususnya civitasakademika seluruh Indonesia.
Sasaran peserta CLFest tahun 2018 adalah :
1. Civitas Akademika Universitas Seluruh Indonesia
a. Kompetisi Artikel Ilmiah
b. Kompetisi Perancangan Undang-Undang (KPUU)
c. Talk Show Hukum Nasional

2. Civitas Akademika Sekolah Menengah Atas (SMA)
a. Guru Pendidikan Kewarganegaraan se-Malang raya
b. Battle of Brains
c. Talk Show Hukum Nasional

Berbagai macam kompetisiyang diadakan diharapkan mampu memberikan manfaat, pengalaman, soft skill, link pertemanan yang pasti adalah ilmu baru yang dapat diterapkan di baik dalam perkuliahan maupun dalam dunia kerja. Dengan diadakan kompetisi ini diharapkan generasi penerus bangsa dapat bersaing dengan Negara lain dengan kualitas individu yang terbaik dan berkompeten dalam bidang hukum maupun bidang lainnya. Serta menangani permasalahan peraturan perundang-undangan yang kerap terjadi di Indonesia dengan memberikan solusi terbaik dan menguntungkan bagi semua pihak. Para calon sarjana hukum diharapkan mampu menjadi aparat penegak hukum yang berkualitas, berkompeten dan tegas dalam penegakan hukum di Indonesia, untuk membawa Indonesia menjadi Negara Hukum yang sesungguhnya.

“The true sign of intelligence is not knowledge but imagination” –Albert Einstein-

Share