Ini loh, 5 Perbedaan Pidana Penjara dan Kurungan

Halo Kawan Hukum!

Pasti kita sering mendengar tentang pidana penjara dan pidana kurungan dalam mata perkuliahan Hukum Pidana. Namun, tak banyak orang yang tau mengenai perbedaan pidana penjara dan pidana kurungan. Kebanyakan orang menganggap dua hal tersebut adalah sama, padahal tidak.

Bila dilihat dari persamaan antara pidana penjara dan kurungan adalah sama-sama menghilangkan kebebasan seseorang. Sesuai dengan KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) dalam Pasal 12 yang mengatur mengenai pidana penjara, sedangkan kurungan diatur dalam Pasal 18 KUHP.

Yuk, simak 5 Perbedaan antara Penjara dan Kurungan:

1. PENJARA, Pidana penjara berlaku bagi tindak pidana kejahatan (dalam Buku Kedua tentang Kejahatan) sedangkan,
KURUNGAN, berlaku bagi seseorang yang melakukan tindak pidana pelanggaran saja dalam arti, pidana kurungan diberikan pada tingkat kejahatan yang ringan, seperti dalam Buku Ketiga tentang Pelanggaran.

2. PENJARA, mempunyai batas maksimal pidana penjara yaitu seumur hidup sedangkan,
KURUNGAN, mempunyai batas maksimal pidana kurungan yaitu 1 tahun.

3. PENJARA, dalam menjalani masa pidana penjara pekerjaan yang harus dilakukan terpidana lebih banyak dan lebih berat. sedangkan,
KURUNGAN, pekerjaan yang dilakukan lebih ringan dan lebih sedikit.

4. PENJARA, kebebasan yang dimiliki para tahanan penjara terbatas sedangkan,
KURUNGAN, kebebasan para tahanan lebih banyak

5. PENJARA, tidak dapat menjadi pengganti pidana denda sedangkan,
KURUNGAN, dapat menjadi pengganti pidana denda.

Nah, kalian udah tau kan perbedaan antara pidana penjara dan pidana kurungan. Jangan sampai salah menyamakannya ya. Semoga bermanfaat.


kawanhukum.id merupakan platform digital berbasis website yang mewadahi ide Gen Y dan Z tentang hukum Indonesia. Tulisan dapat berbentuk opini, esai ringan, atau tulisan ringan lainnya dari ide-idemu sendiri. Ingin tulisanmu juga diterbitkan di sini? Klik tautan ini.



Tinggalkan Balasan