“Jadi driver transportasi daring itu simalakama, maju kena, mundur kena. Kuat dijalani kalau tidak kuat ditinggal minum kopi.” – Setiawan, Driver transportasi dalam jaringan.
SEBUTAN Bang Toyib yang tidak pulang-pulang rupa-rupanya sudah pantas menjadi panggilan untuk driver transportasi dalam jaringan (daring). Demi menghidupi keluarga, pagi-pagi buta mereka sudah bersiap menatap layar gawai, menunggu notifikasi orderan. Bahkan tengah malam pun masih setia menunggu di dekat spot-spot yang biasa menjadi tempat menjemput pelanggan.
Banyak orang menganggap, bahwa pendapatan driver transportasi daring sudah melebihi UMR. Tapi ternyata, tidak juga. Coba kita bandingkan dengan pekerja dengan pendapatan UMR, buruh misalnya. Buruh memiliki hari minggu dan tanggal merah untuk libur. Buruh memiliki jatah cuti tahunan, jumlah jam kerja yang jelas, mendapat uang akomodasi transportasi, hingga Tabungan Hari Raya. Namun, apakah ketika driver transportasi daring mengikuti hari dan jam kerja buruh pada umumnya, apakah bisa mereka mendapat penghasilan setara UMR? Hampir bisa dikatakan mustahil.
Sedikit memahamkan kembali, bahwa para driver ini ternyata tidak ‘dibayar’ dengan tarif yang kita bayarkan. Melainkan mereka ‘dibayar’ dengan bonus. Bonus harianlah yang sangat mereka harapkan. Bayangkan, untuk mengejar bonus, tak jarang driver transportasi daring harus bekerja dari pagi hingga tengah malam. Tarif yang kita bayarkan, ternyata terlalu murah. Hampir tidak sesuai dengan usaha yang mereka keluarkan.
Bagaimana soal rating pelanggan? Masalah rating atau peringkat dalam dunia per-transportasi daring-an ini, memang menjadi nyawa bagi para driver. Hal ini menjadi tolok ukur kepuasan konsumen ketika menggunakan layanan yang disediakan. Bila si driver ini mendapatkan peringkat yang biasa-biasa saja, bahkan rendah, maka status kemitraan mereka dengan transportasi daring bisa terancam. Mereka akan dianggap tidak dapat memberikan pelayanan yang baik, driver bisa dikenakan suspend hingga diputus kemitraannya bahkan pemblokiran akun secara otomatis.