Cek Pemenang Lomba Esai KY RI 2020 Bersama kawanhukum.id



Pandemi COVID-19 telah mengubah pola dan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan tersebut juga terjadi pada dunia peradilan. Keberadaan e-court pada satu sisi menjadi alternatif dalam bidang litigasi. Pada sisi lain, sistem digital yang baru ini tidak lepas dari tantangan-tantangan baru, khususnya dibutuhkan proses adaptasi dalam penggunaan sistem peradilan berbasis elektronik ini.

Banyak pihak melihat masa depan pengadilan di Indonesia akan berkaitan dengan sistem elektronik seperti ini. Penggunaan sistem e-court pada pandemi COVID-19 ini adalah fase awal pengadilan Indonesia bertransformasi dengaan sentuhan teknologi digital sebagai konsekuensi dari era disrupsi. Keadaan ini juga doyakini turut berpengaruh terhadap pola pengawasan hakim di masa depan.

Selama 11 Agustus hingga 27 Agustus 2020, Komisi Yudisial Penghubung Jawa Timur dan kawanhukum.id telah menggelar lomba esai. Mengusung tema, ”Komisi Yudisial, Integritas Hakim dan Masa Depan Pengadilan di Indonesia”, lomba esai ini telah diikuti oleh puluhan peserta dari seluruh wilayah Indonesia.

Proses seleksi berjalan dari 27-28 Agustus 2020, oleh pihak kawanhukum.id dan Komisi Yudisial Penghubung Jawa Timur. Adapun kriteria penilaian antara lain: relevansi tulisan dengan tema, orisinalitas dan kebaruan ide, dan traffic pengunjung otentik yang terintegrasi dalam sistem website kawanhukum.id.

Berikut ini daftar tiga tulisan terbaik dan berhak mendapatkan hadiah saldo OVO @ Rp 100.000,00, Kado Ulang Tahun KY 2020 dan Sertifikat Penulis Terbaik:

  1. Pengawasan Perilaku Hakim oleh Komisi Yudisal Mengikuti Perkembangan Hukum? oleh Vidya Khairina Utami.
  2. Peran Penting Komisi Yudisial di Era Smart Justice oleh Abdul Haris Najib.
  3. Disrupsi Pengadilan di Tengah Pandemi COVID-19 oleh Zennis Helen.

Berikut ini adalah daftar 10 tulisan terfavorit yang berhak mendapatkan Kado Ulang Tahun KY dan Sertifikat Tulisan Artikel Terfavorit:

  1. Efektivitas Persidangan Virtual di Masa Pandemi COVID-19 oleh Ravina Savitri.
  2. Darurat! Teknologi Menggantikan Peran Hakim di Masa Depan? oleh Yuflih Maheswara.
  3. Posisi KY dan Hakim Terhadap Kemaslahatan E-Court oleh Brillian Aditya.
  4. Teknologi Hukum, AI dan Penegakan Kode Etik Hakim oleh Jazau Elvi Hasani.
  5. Dampak COVID-19 Dalam Persidangan: Apakah Sidang Online Efektif? oleh Elsa Marhaeni.
  6. Seberapa Menakutkan Sih e-Court? oleh Ivanna Eltiara Cahyani.
  7. Teknologi dalam Sistem Peradilan dan Pengaruhnya Terhadap Peran Hakim di Indonesia oleh Arianda Lastiur.
  8. Realitas Keadaan E-Court dan Komisi Yudisial  oleh Marthin James.
  9. Komisi Yudisial, Integritas Hakim dan Masa Depan Pengadilan di Indonesia oleh Muhammad Khairadhi.
  10. Menggaungkan Sistem Peradilan yang Baru di Tengah Pandemi Bersama Komisi Yudisial oleh Farah Huwaida Kamila.

Selamat kepada para pemenang dan penulis favorit!

Kepada tiga pemenang dan penulis artikel terfavorit, konfirmasikan data diri anda dengan mengirimkan konfirmasi ke mail@kawanhukum.id cc kawanhukum.id@gmail.com. Sertakan subjek “Pemenang Lomba Esai KY RI 2020” bagi tiga pemenang, dan “Penulis Favorit Lomba Esai KY RI 2020” bagi 10 penulis terfavorit, dan menyertakan data diri dengan format:

Nama Lengkap
Judul Tulisan
Alamat Lengkap
No. Handphone Aktif

Komisi Yudisial RI Penghubung Jawa Timur dan kawanhukum.id mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi seluruh peserta.