25 January, 2020

AIESEC Indonesia Kampanyekan Pentingnya Minum Air Putih

Leaving No One Behind” menjadi tema peringatan Hari Air Sedunia pada 22 Maret. Dalam peringatan tahun 2019 ini, World Water Day yang digagas PBB mengajak masyarakat untuk membantu menambah ketersediaan dan keberlanjutan terhadap penggunaan air untuk semua kalangan pada tahun 2030. Hal ini bertujuan agar tidak ada lagi orang yang tidak bisa mengonsumsi air bersih. Menurut situs resmi World Water Day, sampai saat ini 2,1 miliar orang masih hidup tanpa mengonsumsi air bersih.

Selain itu, 80 persen orang yang tinggal di pemukiman pedesaan juga dilaporkan masih menggunakan air dari sumber yang tak layak. Bahkan, satu dari empat sekolah dasar di dunia, tidak memiliki pasokan air bersih untuk diminum. Mereka terpaksa memilih menggunakan sumber air yang tak layak atau harus menahan dahaga mereka.

Urgensi Terpenuhinya Kebutuhan Air dalam Kehidupan

PBB menegaskan bahwa air bersih merupakan hak asasi manusia. Air berguna untuk menopang kesehatan masyarakat dan karenanya penting untuk melakukan pembangunan berkelanjutan untuk dunia yang stabil dan sejahtera. Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB mengakomodasi pentingnya layanan air bersih. Pada SDGs ke-6 disebutkan bahwa setiap pihak bertanggung jawab memastikan ketersediaan air. Tidak hanya itu saja, pengelolaan air berkelanjutan menjadi sangat penting.

AIESEC Indonesia dalam kegiatan Ayo Minum Air Project atau yang disebut AMIR berhasil mengenalkan pentingnya minum air enam gelas sehari. Pelaksanaan AMIR dilakukan sepanjang bulan Oktober sampai 10 Desember 2019. Di setiap pelaksanaannya mendapatkan antusiasme yang luar biasa dengan kehadirannya menemui 16.000 siswa Sekolah Dasar di seluruh Jawa Timur.

Saatnya Anak Muda yang Beraksi dan Berkarya

Organisasi AIESEC yang dikenal dengan kegiatan kepemudaannya kali ini mendukung SDG atau rencana pembangunan berkelanjutan nomor 3 yang berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan, serta nomor 6 dengan ketersediaan dan pengelolaan air bersih. Dalam kegiatannya, proyek AMIR membawa isu penting yang masih kurang disadari oleh masyarakat Indonesia, yaitu minum air putih untuk menjaga kesehatan dan konsentrasi.

Dalam kegiatannya, AMIR menemui anak-anak sekolah dasar di 4 kota yaitu Sidoarjo, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi dengan menggunakan cara unik untuk menyampaikan pesan penting ini. Pemuda-pemudi dari AIESEC menggunakan pendekatan langsung dengan mengajak siswa mengikuti senam AMIR, story telling, membuat jadwal minum air, dan menggunakan games seru dengan hadiah yang menarik dan bermanfaat untuk menarik perhatian para siswa. Kegiatan terakhir yang tak kalah penting adalah mengajak langsung siswa untuk mengisi botol minumnya dengan air putih, sehingga mereka dapat mempraktikkan minum air putih.

Water is life and clean water means health

AUDREY HEPBURN

Share