Hari ini:Oktober 20, 2019

8 Kampus Hukum Terbaik di Asia Tenggara 2019

Banyak yang mungkin sudah membaca peringkat perguruan tinggi, baik tingkat nasional maupun internasional. Kita juga sudah sering membaca peringkat kampus hukum terbaik di dunia maupun Asia. Lalu bagaimana dengan peringkat kampus hukum terbaik di Asia Tenggara? Pada 2019, QS World University Rankings telah merilis daftar kampus hukum terbaik di Asia Tenggara.

Kampus hukum mana saja kira-kira? Berikut daftarnya:

 

1. National University of Singapore (NUS) Faculty of Law.

Dengan jargon Asia’s Global Law School, NUS Faculty of Law sudah lebih dari lima tahun berturut-turut menyabet gelar kampus hukum terbaik di Asia. Dan, tentu saja terbaik di Asia Tenggara. Kuliah di kampus ini akan membawa kita pada dimensi global, berkat kurikulumnya sudah bertaraf internasional dan dosen-dosennya lulusan kampus top di dunia. Selengkapnya klik.

 

2. Nanyang Technological University (NTU) Business School.

NTU Business School menduduki peringkat kedua sebagai kampus hukum terbaik di Asia Tenggara. Fakultas Bisnis? Iya, Fakultas Bisnis di kampus ini juga menawarkan program ilmu hukum dengan fokus business law. Selengkapnya klik.

 

3. Singapore Management University (SMU) School of Law.

SMU adalah kampus swasta di Singapura. Kampus ini tergolong masih relatif muda, berusia 19 tahun. Meskipun demikian, kampus hukumnya dinobatkan sebagai kampus terbaik nomor tiga di Asia Tenggara. Selengkapnya klik.

 

4. Universiti Malaya (UM) Faculty of Law.

UM adalah kampus terbaik yang dimiliki Malaysia. Dalam sejarahnya, saat Singapura masih menjadi bagian dari Malaysia, NUS adalah bagian dari UM. Setelah dua negara ini bercerai kemudian memiliki manajemen yang terpisah. Fakultas Hukum UM sebagai kampus hukum terbaik di Malaysia memiliki cukup banyak dosen asing. Komponen ini juga menjadi salah satu indikator dalam penilaian peringkat kampus dunia. Selengkapnya klik.

 

5. Chulalongkorn University Faculty of Law.

Kampus hukum terbaik di Thailand ini mengklaim sebagai kampus hukum terbaik yang menggabungkan unsur akademis dan profesional untuk menghasilkan lulusan yang pandai dan berkeperibadian. Sebagai kampus hukum No. 1 di Thailand, Chulalongkorn University Faculty of Law tengah giat meningkatkan kualitas dengan standar internasional. Kampus ini unggul pada hukum bisnis. Selengkapnya klik.

 

6. Thammasat University (TU) Faculty of Law.

TU Faculty of Law menduduki peringkat kedua kampus terbaik di Thailand dan peringkat keenam di Asia Tenggara. Kampus ini memiliki jaringan internasional dan sangat giat mengadakan kegiatan-kegiatan internasional yang berkontribusi pada peningkatan mutu akademik. Selengkapnya klik.

 

7. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Faculty of Law.

Kampus nomor dua di Malaysia ini semakin giat meningkatkan standar akademiknya berikut publikasi ilmiah dosen guna mendongkrak peringkatnya dalam jajaran kampus terbaik dunia. Selengkapnya klik.

 

8. University of the Philippines (UP) College of Law.

Kampus terbaik di Filipina ini adalah kampus tertua di Filipina. Kampus hukumnya memiliki relatif banyak dosen lulusan Amerika. Selengkapnya klik.

Demikianlah daftar kampus hukum terbaik di Asia Tenggara versi QS World University Rankings 2019. QS mencatat hanya terdapat delapan kampus hukum terbaik di Asia Tenggara sebagaimana daftar tersebut di atas. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website resminya pada laman ini.

We don’t aim, then, to produce “lawyers”. We aim to produce leaders who can be successful in whatever path they choose.  Simon Chesterman

 

Share

Dare to think differently