Launching will be held in Surabaya, 01 September 2019Agustus 23, 2019

7 Profesi Lulusan Sarjana Hukum yang Perlu Kamu Ketahui

Fakultas hukum menjadi salah satu fakultas yang memiliki daya tampung tinggi, namun apakah lapangan kerja yang ada berbanding lurus dengan lulusan sarjana hukum?

Banyak orang menganggap lulusan sarjana hukum hanya dapat bekerja menjadi advokat, jaksa, hakim, politisi dan notaris. Namun tahukan kalian bahwa masih banyak pekerja lain yang bisa menerima anak lulusan sarjana hukum. Nah ini ada 7 profesi potensial untuk lulusan sarjana hukum yang masih belum diketahui banyak orang. Mau tahu apa aja? Yuk simak bareng ulasan Fun Fact Kawan Hukum:

 

1. Staf HRD

Sarjana hukum yang menjadi HRD tentu bisa ditugaskan untuk mengevaluasi kembali aturan perusahaan yang menyangkut dengan ketenagakerjaan. HRD juga bertugas untuk menjelaskan ketentuan hukum dlaam menggunakan BPJS atau JAMSOSTEK.

 

2. Diplomat

Jika memiliki cita cita bekerja di luar negeri untuk kepentingan negaranya, kita bisa mencoba profesi diplomat. Diplomat menangani hukum dan perjanjian internasional, khususnya yang berkaitan dengan kerja sama sosial, pendidikan, budaya dan ketenagakerjaan serta emberikan pandangan hukum dan menjadi perunding bagi perjanjian bilateral, regional dan multilateral.

 

3. Perusahaan Minyak, Gas bumi dan Tambang

Sarjana hukum yang ingin mencoba profesi yang out of the box dapat belajar tentang proses eskplorasi dan ekspolitasi hidrokarbon dari para geolog dan geophysicist yang tidak didapat saat duduk di bangku perkuliahan. Pekerjaan yang dilakukan sarjana hukum dalam perusahaan minyak gas bumi dan tambang yaitu dapat berupa procurement, finance, commercial & business development compliance, legal audit, operations dan sebagainya.

 

4. Staf Legal

Sarjana hukum mempunyai kesempatan besar untuk bekerja sebagai staf legal karena menguasai ilmu mengenai aset perusahaan, surat perjanjian kerja dan berkas penting lainnya.

 

5. Konsultan Hak Kekayaan Intelektual

Berdasarkan fakta di lapangan konsultan hki yang telah dilantik oleh menteri hukum dan ham lebih dari 80% adalah lulusan fakultas hukum. Karena untuk menjadi konsuktan hukum oerlu perlu memahamu semua UU HKI dan harus memahami masalah sains dan teknik.

 

6. Komisi Pemberantasan Korupsi

Bagi teman teman Sarjana Hukum yang ingin terlibat pada upaya pencegahan korupsi dapat bergabung pada KPK. Menjadi bagian dari KPK harus memiliki komitmen kuat untuk melakukan perubahan.

 

7. Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas adalah firma yang merupakan anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor. Sarjana hukum yang meamusiki dunia praktisi pasar modal akan bekerja membuat keputusan yang harus sejalan dan tidak hanya dengan peraturan hukum indonesia namun kebijakan global perusahaan.

Share