Juli 7, 2020

7 Fakta Mahasiswa Hukum yang Wajib Kamu Ketahui

Pernah ndak sih terpikirkan bagaimana rasanya menjadi mahasiswa hukum?

Umumnya, ketika seseorang penasaran akan sesuatu hal, mereka akan cenderung menduga-duga. Mereka akan mencari informasi, lalu menyimpulkan hal tersebut menjadi garis-garis besar. Terutama, mahasiswa hukum seringkali menjadi korban stereotip mahasiswa yang hanya banyak hapalan dan berkutat dengan undang-undang, dan masih banyak lagi.

Padahal semua itu belum sepenuhnya benar loh!

Berikut ini adalah 7 fakta mahasiswa hukum yang wajib kamu ketahui.

1. Ternyata, Ndak Melulu Soal Hafalan Undang-Undang!

Kata siapa kita cuman hafalan aja? Perlu dipertanyakan keaslian argumenan sebagai mahasiswa hukum tuh! Menghapal undang-undang serta hukum yang mendukung argumen kita memang penting. Tapi, pekerjaan hapalan bukanlah segalanya. Kami diwajibkan memiliki analisis mendalam tentang tata kalimat serta pemahaman menyeluruh terhadap suatu aspek yang dibahas loh!

2. Fashionable dan Rapi

Mahasiswa hukum dididik agar selalu siap setiap saat untuk menangani klien. Karenanya, penampilan kita harus selalu FRESH AND READY!

3. Melek dengan Isu Hangat

Kita dituntut untuk mengetahui isu-isu terhangat tentang hukum khususnya di negara kita ini. Nantinya, pengetahuan itu akan dijadikan bahan pembelajaran yang berfungsi untuk meningkatkan pisau analisis kita nih! Seru dan keren banget kan?

4. Santai? Kata Siapa?

Masyarakat dengan mudahnya memberikan stereotip kalau mahasiswa hukum itu nyantai! Wah, jangan salah bro dan sis! Selain mahasiswa kedokteran dan teknik yang notabene memiliki reputasi untuk belajar ekstra, mahasiswa hukum juga dituntut untuk belajar ekstra. Tanpa bacaan dan analisis yang matang, argumen yang disampaikan dengan mudahnya dipatahkan. Rasanya sudah menjadi rahasia umum bagi mahasiswa bahwa argumen lemah cukup memalukan di forum pembelajaran, khususnya bagi mahasiswa hukum.

5. Public Speaking Menjadi Keterampilan Wajib

Membaca? Sudah. Menganalisis? Done. Merancang Argumen? Siap. Loh, tapi tidak semudah itu, Ferguso! Kita juga harus punya keterampilan berkomunikasi secara efektif dan tidak kacau. Itulah public speaking. Ketika mahasiswa hukum menyampaikan ide dan argumennya tidak akan asal asalan, berarti mereka memiliki keterampilan public speaking. Seringkali keterampilan ini melekat pada mahasiswa hukum.

6. Kerja sama Merupakan Modal Penting

Eits, kerja sama yang dimaksud bukan nyontek jamaah loh ya! Mahasiswa hukum penting banget untuk kerja sama dengan teman untuk meraih ilmu loh! Tidak mungkin semua keterampilan yang diperlukan untuk bersaing bisa kamu dapatkan dengan anti pergaulan dan individualistis. Di saat yang sama kerja sama akan melahirkan kedewasaan saat berinteraksi dengan siapapun. Keren kan?

7. Atmosfer Kompetitif

Sadar atau tidak saat kita di kampus sedang mengerjakan tugas atau sekedar bercengkerama ada perasaan untuk bisa berkembang di setiap detiknya. Perasaan akan tertinggal pada segi keteramoulan dan pengetahuan sangat menantang dan cocok nih buat kamu yang anti leha-leha! Secara tidak langsung atmosfer tersebut akan melatih kita serta membentuk kita menjadi pribadi produktif loh!

Bro dan Sis pasti sudah memiliki gambaran kan bagaimana rasanya menjadi mahasiswa hukum kan?

Semoga bermanfaat!