Hari ini:Oktober 20, 2019

7 Alasan Kamu Cocok Meraih Beasiswa Unggulan

Jika kuliah menjadi prioritas dalam hidupmu, jika jiwa mandiri sudah mendarah daging untuk kamu, dan jika berprestasi menjadi kebutuhanmu, apakah kamu layak tahu, apa yang cocok untuk kamu para pejuang? Sejenak menahan kekepoan itu, sebelumnya sadar ga sih, tidak semua mahasiswa atau sedang otw menjadi maba, bersemangat untuk kuliah. Semakin kita dewasa akan semakin banyak tantangan hidup yang membebani, terkecuali untuk kamu para pembaca, penulis memastikan bahwa kamu siap banget untuk kuliah. Sudah siap untuk kehidupan di atmosfer civitas akademica, siap untuk memulai tugas, siap untuk segala-galanya agar 3,5 – 4 tahun lulus dengan hasil yang memuaskan?

Sayangnya, untuk memenuhi kebutuhan hidup, perkuliahan lebih besar untuk kita-kita, anak mahasiswa hukum, akan ada banyak hal yang dibutuhkan dengan mengeluarkan duit yang tak sedikit. Beli berbagai macam buku referensi, Wajib punya KUHP dan KUHPer, buku yang lebih dibutuhkan dan dicari adalah buku-buku lama yang tak murah. Wah, anak-anak kost otomatis menjerit nih wkwk. Daripada berlarut-larut tanpa Arah dan tujuan, kenalkan, Beasiswa Unggulan BPKLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Beasiswa Unggulan yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan beasiswa yang diberikan kepada insan pemuda Indonesia untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Beasiswa Unggulan untuk kalian yang memiliki prestasi yang dapat terus terasah, serta melalui prestasi tersebutlah yang akan menunjukkan konsistensimu dalam melakukan studi. Sesuai, mari kita simak 7 Alasan Kamu Cocok Meraih Beasiswa Unggulan:

1. Kamu Mahasiswa Pejuang
Telah menyetujui sebelumnya, jika kuliah menjadi prioritas dalam hidupmu, kompilasi jiwa mandiri sudah mendarah daging untuk kamu, dan jika berprestasi menjadi kebutuhan untuk kamu, sudah selayaknya lah kamu mendapat Beasiswa Unggulan. Beasiswa Unggulan adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia yang berprestasi baik untuk S1, S2, dan S3. Beasiswa Unggulan tidak memandang siapa kamu, dari latar belakang apa keluargamu, kaya atau miskin, anak kota atau desa memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan. Asal itu tadi, kamu adalah pejuang dan memiliki tekad yang diperlukan untuk berstudi, yang akan ikut serta menjadi insan bangsa yang berguna dan bermanfaat pada kemajuan Indonesia.

2. Rendah hati, baik, dan rajin menabung
Kamu berjiwa rendah hati? Baik dan rajin menabung? Pantas sekali menerima Beasiswa Unggulan. Dana pemerintah RI yang diberikan kepada kamu, sedikit. Jumlah yang cukup besar dibandingkan dengan beasiswa lainnya di Indonesia, bisa saja membuatmu menjadi pengelola keuangan. Hanya membantu kalian yang rendah hati, baik, dan rajin menabunglah yang cocok mendapatkan beasiswa ini.

3. Jiwa sosial tinggi
Setiap orang memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Jadi, spesial untuk kamu yang punya jiwa sosial yang bisa didapat Beasiswa Unggulan. Bukan sesuatu yang mudah untuk hidup bermanfaat bagi orang lain. Dalam seluruh agama apa pun, pasti ajaran agama yang mendukung orang lain baik untuk orang lain di sekitarnya dan mampu mengamalkan ilmu yang dimilikinya.

4. Kuliah di universitas dengan akreditasi minimal B 
Salah satu persyaratan untuk kamu harus memenuhi Beasiswa Unggulan berkuliah di universitas / perguruan tinggi yang memiliki akreditasi minimal B. Perguruan tinggi negeri tanpa swasta dengan akreditasi minimal B .

5. Spesial untuk kamu, anak dari daerah 3T = Tertinggal, Terdepan, Terluar
Beasiswa Unggulan memberikan program yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2018. Diterbitkan, Beasiswa Unggulan menerima beasiswa dengan persyaratan Masyarakat Berprestasi, namun melihat potensi masyarakat dengan persyaratan daerah yang masih tertinggal, terdepan, dan terluar baik dari segi sistem pendidikan, akses ke pendidikan yang kurang memadai, akhirnya pemerintah memberikan opsi khusus untuk kamu anak dari daerah 3T. Beasiswa Unggulan 3T tidak ada bedanya dengan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, yang diperuntukkan untuk melanjutkan studi S1, S2, dan S3 di universitas dengan akreditasi minimal B. Perbedaannya hanya sedikit pada beberapa pendaftaran yang didukung. Jadi, jangan pernah minder dan jangan khawatir karena kamu masyarakat dari daerah 3T. Semua anak berprestasi dan untuk kamu para pejuang,

6. Selaras dengan Program Prioritas Nawacita 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyediakan program prioritas bidang seperti pendidikan, teknologi informasi, hingga pertanian. Bagi kita-kita anak hukum, dapat memilih ‘Kebijakan Publik’ saat akan mendaftar pada situs Beasiswa Unggulan. Jadi, jangan kaget dulu saat di pilihan Nawacita tidak ada kata ‘Hukum’, karena hukum masuk dalam bidang keilmuan kebijakan publik.

7. Mahasiswa Berprestasi
Nah, di alasan terakhir ini merupakan hal yang penting yang tidak boleh dilewatkan. Mau dari latar belakang kamu, prestasi apapun yang kamu raih, kamu pantas mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbud RI. Eits, jangan takut dulu dengan kata-kata ‘Mahasiswa Berprestasi’. Maknanya tidak sesempit yang kamu bayangkan. Prestasi yang dapat kamu cantumkan saat melakukan pendaftaran boleh dari prestasi apa pun, baik akademik, non-akademik, bahkan keorganisasian hingga konferensi. Dalam hal ini, yang terpenting kamu bisa mempertanggung jawabkan prestasimu untuk terus diasah, meminta prestasimu tak berhenti di sana.

Nah, kawan, apa kalian cocok seperti 7 alasan di atas? Jika iya, kamu harus tau bahwa Beasiswa Unggulan akan membuka pendaftaran yang dimulai pada hari Rabu, 17 Juli hingga Jumat, 09 Agustus 2019. Segera cek di web https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/ supaya kamu tahu persyaratan dan informasi yang diminta Beasiswa Unggulan. Bagi kamu anak daerah tertinggal atau 3T, bisa masuk kategori Beasiswa Unggulan, dan jika kamu bukan anak daerah tertinggal dapat di golongan umum pada kategori Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi. Segera!

Jadi, yuk siapkan prestasi terbaik untuk didaftarkan ke Beasiswa Unggulan BPKLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kami yakin kawan-kawan sekalian bisa dan mampu. SEMANGAT!

Beasiswa Unggulan: “Meraih Insan Cerdas dan Kompetitif.

 

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mengubah dunia.”

Nelson Mandela

Share

Lebih akrab dengan sapaan Shofi Hoo. Seorang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember. Satu dari sepuluh pemuda pengguncang dunia.